Foto oleh Nataliya Vaitkevich dari Pexels

Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling

Cara Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling untuk lapor SPT Tahunan. Sudah coba reset password melalui email tapi diminta nomor E-FIN. Duh makin ribet ya kalo lupa nomor E-FIN nya juga. Apalagi dimasa pandemic ini kantor pajak tutup dan hanya melayani secara daring. Mimin juga pernah nih lupa password e-filling dan lupa nomor E-FIN di akhir 2021 kemarin. Berikut mimin kasih tutorial cara Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling, simak ya.

Untuk Apa Perlu Akun E-Filling

Batas akhir pelaporan SPT Tahunan orang pribadi adalah 31 Maret tiap tahunnya guys dan jika terjadi keterlambatan ada dendanya. Karena lapor SPT setiap tahun, kita sering lupa password & EFIN. Cara Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling sebenarnya ada 2 metode untuk menyampaikan SPT Tahunan yaitu melalui e-form atau e-filling. E-filling adalah media penyampaian SPT Tahunan melalui saluran pelaporan pajak secara elektronik atau online yang ditetapkan oleh DJP (Direktorat Dirjen Pajak). Karakteristik e-filling sebagai berikut:

  1. Menggunakan jaringan internet melalui situs https://djponline.pajak.go.id/. Sehingga bias digunakan dan diakses kapan saja dimana saja.
  2. Jika terjadi error saat pengisian, harus mengulang langkah dari awal.
  3. Dapat digunakan melalui HP, tablet, laptop, dan perangkat elektronik lain.
  4. Form diisi langsung diwebsite e-filling

Sedangkan, e-form adalah media penyampaian SPT melalui formulir yang bias diunduh melalui website djp atau melalui link eform.pajak.go.id. e-form diinduh disitus tersebut kemudian kita isi dikomputer atau laptop kita. Setelah selesai diisi kita upload ke website DJP kemudian akan dapat bukti pelaporan SPT Tahunan. Karakteristiknya e-form sebagai berikut:

  1. Format file .xfdl, hanya bias dibuka melalui aplikasi Microsoft office sehingga harus menggunakan laptop atau computer.
  2. E-form berbentuk formulir, sehingga kita bias isi kapan saja dan bias diedit dan dikerjakan secara parsial. Jika belum selesai mengisi bias kita lanjutkan dilain waktu. Jika sudah komplit, bias diupload ke website djp.
  3. Ada fasilitas print dan save file
  4. Jika menggunakan e-form wajib pajak cukup menginput token yang dikirim terlebih dahulu tanpa login lagi ke laman DJP.

Selain cara diatas sebenarnya ada cara yang lebih ribet nih guys, yaitu dengan datang ke kantor pajak terdekat. Terlepas cara penyampaian SPT Tahunan, kali ini kita akan focus kepada topik bagaimana cara mengatasi lupa password e-filling dan lupa EFIN terbaru.

Mengatasi Lupa Password E-Filling

Untuk mengatasi lupa password e-filling, sebenarnya ada beberapa cara. Yaitu datang langsung ke kantor pajak terdekat atau menggunakan fitur lupa password e-filling. Kita akan focus mengatasi lupa password e-filling dengan fitur lupa password e-filling. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka situs djp online di https://djponline.pajak.go.id/account/login. Klik lupa password seperti gambar berikut:

Gambar 1 - Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling

2. Maka kita akan diarahkan ke form permohonan ubah kata sandi. Disini kita diharuskan mencantumkan Nomor NPWP, Nomor EFIN, Lupa Email, dan masukkan kode keamanan untuk submit. Menu lupa email bias dicentang apabila kita juga lupa email dan ingin menggantinya dengan email baru. Kalo kamu tau nomor E-FIN kamu, kamu bias isi form diatas kemudian cek email dan ikuti step-step berikutnya. Step-stepnya cukup mudah, kamu bias ikuti saja
Gambar 2 - Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling
form permohonan lupa kata sandi

Cara ganti password tapi lupa nomor E-FIN

Terkadang saat mengisi form untuk ubah kata sandi, kita lupa nomor E-FIN. Seperti mimin, mendaftar e-filling sejak 2015 dan ditahun 2021 entah nomor e-finnya disimpan dimana. Secara mudahnya, kamu bias datang langsung ke kantor pajak tempat kamu membuat NPWP pertama kali nanti kamu bias tanya security untuk proses lebih lanjutnya apa saja.

Untuk kamu yang sibuk karena kerja dan atau karena pandemic sulit untuk menemukan kantor pajak yang buka, kamu bias minta nomor E-FIN kamu dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Menelepon kring pajak 1500200
  2. Melakukan live chatting dengan agen chat pajak pada laman www.pajak.go.id
  3. Bertanya melalui twitter dengan mention akun @kring_pajak

Dokumen yang harus disiapkan saat meminta nomor E-FIN, yaitu:

  1. NPWP
  2. KTP

Setelah terhubung ke agent chat pajak kamu akan diminta data diri dan data NPWP untuk verifikasi akun. Setelah itu, ikuti step by stepnya. Saat mimin lupa password, mimin sudah menggunakan cara diatas tapi belum berhasil. Sudah chat agen pajak melalui laman pajak.go.id tapi tidak ada respon. Untuk kalian yang bernasib sama bias pake cara berikut yang menurut mimin lebih ampuh dan tidak ribet pastinya.

Cara meminta no E-Fin melalui akun Instagram

Untuk minta nomor E-Fin melalui akun Instagram ikuti step by step berikut:

1. Cari akun Instagram kantor pelayanan pajak (KPP) tempat kamu mendaftarkan NPWP. Mimin daftar di KPP Pratama Kec. Tambora, jadi mimin search akun Instagram KPP Tambora

Gambar 3 - Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling

2. Chat ke akun KPP dan tanyakan cara lupa e-fin. Nanti admin akun Instagram adminnya akan memberikan kamu cara mendapatkan nomor E-Fin.

Gambar 4 - Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling
3. Kamu tinggal ikuti instruksi dari admin KPP tersebut. Adapun instruksi yang mimin terima sebagai berikut. Mimin dapat instruksi untuk email ke email kpp.033@pajak.go.id. Kamu tanya ke KPP kamu terdaftar ya, karena bias saja beda KPP beda alamat email.

Cara Mendapatkan Nomor E-Fin Melalui E-mail

Dari cara-cara disebutkan diatas kita biasanya diarahkan untuk mengirimkan email permohonan nomor E-Fin yang terdaftar oleh akun kita. Cara mengirim email permohonan E-Fin sebagai berikut:

1. Email ke KPP tempat kamu mendaftarkan NPWP. Bagi kamu yang belum tau email KPPnya, kamu bisa cek dilink berikut https://www.pajak.go.id/unit-kerja.

2. Tulis email ke email kpp dengan penjelasan sebagai berikut :

Judul : AKTIVASI EFIN

NPWP:
Nama:
NIK:
No HP:
Email:

3. Lampirkan persyaratan berupa:
a. Scan/Foto KTP
b. Scan/Foto NPWP
c. Swafoto/selfie WP yang sedang memegang KTP dan NPWP

Setelah permohonan lengkap dan sudah di proses oleh KPP, nomor EFIN akan dikirimkan melalui email dalam waktu 1-2 hari kerja sejak permohonan diterima lengkap. Harap diperhatikan bahwa: SATU email permohonan untuk SATU nomor EFIN.

Demikian tutorial cara Mengatasi Lupa Password dan Nomor EFIN E-Filling. semoga bermanfaat.

Julius

Finance & IT Enthusiast - Finance at start up company who interested in IT, Investing, and Business. Follow our media social to get latest update.

Leave a Reply

Your email address will not be published.